Kenapa harus diet kantong plastik ?

Halo teman-teman semua, kembali lagi dengan Nadine. 
Di post kali ini aku akan membahas tentang lingkungan di sekitar kita nih, sesuai sama judul dari post ini. Check this out !

Fakta nya, kantong plastik sangatlah mudah dan sangat membantu kita untuk membawa barang belanjaan kita. Tapi kenapa sih kita harus mengurangi penggunaan kantong plastik ?

Berikut beberapa alasan nya :

1. Kantong plastik merupakan bahan yang tidak mudah di uraikan.
Fakta nya membutuhkan waktu sekitar 100 tahun untuk menguraikan satu kantong plastik. Kabayang kan teman, kalau dalam seminggu kita sudah menyampah 3 kantong plastik, butuh waktu berapa lama yaa itu untuk diuraikan ?

2. Sampah plastik yang bisa di daur ulang atau dipakai kembali hanya sebagian kecil, sebagian besar dari sampah plastik yang kita hasilkan setiap harinya akan menumpuk di Tempat Pembuangan Sampah Akhir, sebagian lagi masuk ke sungai dan berakhir ke laut.

3. Walaupun tas kresek biodegradable (mudah hancur atau terurai oleh organisme hidup lainnya dan berasal dari tumbuhan atau hewan – red.) baru dapat hancur dengan sendirinya dalam kurun waktu kurang lebih 2 tahun. Lebih cepat dari tas kresek plastik polimer sintetik atau plastik yang terbuat dari polyethylene (PE). Tapi, plastik tetaplah menjadi plastik. Tas kresek biodegradable akan sulit untuk terdegradasi dengan sempurna bila kondisi lingkungan tidak mendukung.

Jadi bagaimana pendapat kamu mengenai kebijakan pemerintah, bahwa pemakaian kantong plastik saat berbelanja harus bayar ?

Kalau saya sih sangat setuju dengan kebijakan pemerintah, bahkan sebaik nya harga itu di naikkan jadi seribu rupiah (biar seperti di denda gitu, kan memakai plastik sama saja merusak lingkungan). Saran saya untuk teman-teman semua, kalau berbelanja di swalayan jangan lupa membawa tas sendiri dari rumah ya, bahkan kalau bisa jangan pake kantong plastik juga untuk belanja di warung-warung kecil. 

Ohya! Mau tau alasan-alasan lain mengenai "kita harus diet plastik" ? Monggo klik disini

0 komentar:

Posting Komentar